AndCraft-Company
NOMOR BARU KAMI 0857.794.794.41 SMS/WHATSAPP
BBM tetap 7511649C
Mohon Maaf Jika dibawah masih tercantum nomor lama kami
SILAHKAN HUBUNGI KAMI DINOMOR BARU
Menyediakan kreasi unik dan cantik dari flanel
Kami telah mengirim produk-produk kami BUKAN HANYA DI JAKARTA, tapi sampai ke seluruh INDONESIA seperti BOGOR, BANDUNG, DEPOK, BEKASI, TANGERANG, RIAU, PALEMBANG, MATARAM, PAPUA, dll

Kategori Produk Kami







Jika ada peralatan yang tidak ditemukan, silahkan konformasi, kami akan berusaha menyediakannya

senang Happy Shopping senang

RESELLER WELCOME
Silahkan dibaca kebijakan reseller kami KLIK DISINI
Pemesanan & Reseller Hubungi AndCraft-Company

Ane Safitri, S.Ag
PIN: 7511649C
No. Hp: 0857.794.794.41
Whatsapp: 0857.794.794.41
ID Kaskus : Soyahachiko
Jejaring Sosial : Facebook

Masalah yang Biasa Muncul Ketika Menjahit

Untuk penjahit pemula seperti aku, pasti sering banget mengalami masalah-masalah pada penggunaan mesin jahit. Kadang sampe ngebetein, ngeselin banget, putus asasoalnya gak ngerti kenapa dan harus bagaimana... 
Disini aku mau share apa aja masalah yang biasa aku alami ketika menjahit termasuk gimana cara mengatasinya. Semoga bermanfaat ya... mengerlingkan mata

1. Hasil jahitan gak kenceng, jadi benang jahitan di kain "pada bagun" kayak kurang ketarik gitu
masalah ini biasanya ada pada sekoci yang kurang kenceng, coba ambil sekocinya trus coba ditarik benangnya, kalau terlalu mudah bisa ketarik, maka kencangkan bautnya dengan obeng kecil. Tarik kembali sampai benang terasa "agak seret", sampe bunyi preeeet.. preeet... gitu... tersenyum lebar -penjelasan aku mudah dimengerti gak ya?? tersenyum lebar-
kalau tidak ada masalah pada sekoci, berarti masalah ada di setingan benang atas, ini penampakan puteran benang atasnya....
mengencangkan benang mesin jahit

coba puteran benang atasnya dikencengin, kalo aku biasanya pake feeling seberapa kenceng, kalo uda dikencengin semua, coba di tes. Ditarik benang bagian ini nya...


benang mesin jahit

Kalo udah gak teralu mudah ditarik, maka bisa dicoba dikain, apakah hasil jahitan sudah bagus/masih kendor/malah kekencengan. Nah, dari hasil ini, kita bisa tau apakah harus dikencengin lagi atau malah dikendorin... tersenyum lebar

2. Bagi mesin yang menggunakan dinamo, kadang jika dinamo diinjak, mesin gak mau muter, atau kadang harus dipancing dulu (diputer pakai tangan). Kalo masalah ini biasanya karena mesin jarang digunakan atau kurang minyak. Kamu bisa beli minyak mesin, murah kok, cuma Rp. 5.000 aja, waktu itu aku beli di tanah abang. Kalo ditempat lain, kayaknya harganya juga gak jauh beda dari segitu.. senang

3. Benang selalu putus, biasanya lebih dari 2 atau 3 kali. Ini tandanya posisi jarum salah, mungkin agak kekiri atau terlalu kekanan. Cara memperbaikinya ya dibenerin posisi jarumnya, aku juga biasanya pake feeling aja kok. Sekali benerin langsung sejajar jarumnya... mengedipkan mata
Caranya, putar dulu pengencang jarumnya kearah kanan...

Kalau udah kendor, posisi jarum bisa diubah, biasanya posisinya sampai mentok ke atas...

Klo kira-kira udah pas, bisa dikencengin lagi deh, trus dicoba, kalo masih putus juga, berarti masih ada yang salah dengan posisi jarumnya...

4. Benang Induk (jaaaaaah, dapet bahasa dari mana nih?? berguling di lantai) maksudnya benang gulungan yang ada di atas masin, ini lho maksudnya..


memasang benang di mesin jahit

Benang ini kadang suka melilit di besi, yang mengakibatkan putusnya benang. Ngeselin banget nih, apalagi kalo lagi enak2 jahit, egh tiba-tiba putus... menangis

benang mesin jahit sering putus
Benang Induk Kusut Dibagian Bawah
kalo ini bisa kita ramalkan, jadi sebelum kejadian "putusnya benang" biasanya ada bunyi kreeeeeeek.. kreeeekk.. seperti bunyi gesekan benang dan jarum, si benang kayak berusaha narik tapi susah, soalnya benang insuknya melilit dibesinya... Nah, pas bunyi itu, coba cek si benang induk, kalau dia melilit, segera benarkan benang yang melilit itu.

5. Hasil jahitan lompat-lompat, jadi ada beberapa benang yang tidah terjahit. Ini biasanya juga karena pemasangan jarum yang terlalu keatas, sehingga sekocinya kadang bisa "nangkep" kadang enggak, soalnya posisi jarum terlalu jauh dan sulit diraih. Cara penyelesaiannya ya di betulin posisi jarumnya... gambar sama seperti penjelasan membetulkan posisi jarum diatas...

Kayaknya ini aja ya masalah yang sering muncul, kalo ada yang mau tanya ato nambahin, silahkan... 
nanti aku tanyain sama ahlinya, tanteku... tersenyum lebar




3 komentar:

tikah mengatakan...

kalo benangnya gak nyangkut kebahan dan tidak mengkasilkan jaitan itu bagaimana???
mohon penjelasanya

tikah mengatakan...

kalo benangnya gak nyangkut terus tidak menghasilkan jaitan bagaimana????
mohon penjelasannya

And_Craft Company mengatakan...

coba cek sekocinya sis. . . mungkin ada masalah disana. . :)

Poskan Komentar

 
And's Hand Crafts Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template and web hosting